MONITORING PELAKSANAAN KEGIATAN DESA CERDAS

  • Feb 12, 2024
  • Admin Desa Tengin Baru

INFO TENGIN BARU

Desa cerdas merupakan desa yang mampu mengelola sumber daya dan aset untuk mengembangkan peluang baru baik secara tradisional maupun teknologi digital sehingga terciptanya telekomunikasi, inovasi dan penggunaan pengetahuan yang lebih baik. Tujuan dari program desa cerdas yaitu dalam rangka percepatan transformasi pembangunan desa yang bertenaga, mandiri, sejahtera, dan demokratis melalui pemanfaatan teknologi.

Manfaat desa cerdas diantaranya yaitu meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pemanfaatan teknologi digital, pemanfaatan teknologi sehingga terwujudnya smart economy serta peningkatan sarana infrastruktur digital untuk mencapai smart mobility di desa. Adapun enam pilar desa cerdas yaitu masyarakat cerdas, ekonomi cerdas, tata kelola cerdas, lingkungan cerdas, kehidupan cerdas dan mobilitas cerdas.

Desa Tengin Baru merupakan salah satu desa yang melakukan program dari desa cerdas, dengan meningkatkan sosial media yang ada menjadikan keterbukaan atau transparansi publik, dengan menginfokan APBDesa, Perubahan APBDes, Realisasi APBDES, dan seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa Tengin Baru, dari kegiatan fisik hingga kegiatan lainnya.

Selasa, 06 Februari 2024, Desa Tengin Baru kedatangan langsung oleh Ibu Helmiati, S.H, M.Si selaku Kepala Pusat Pengembangan Daya Saing Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dalam kegiatan Monitoring Pelaksanaan Kegiatan Desa Cerdas.